Serba-Serbi Transportasi di Jepang! Beli JR-Pass atau Tidak Yaa ?

Selasa, Januari 09, 2018

Gala Yuzawa

Well, kalo jalan-jalan ke Jepang sih, pilihan transportasi udah hampir pasti, yang wisatawan beli JR-Pass dengan segala keunggulannya. Bagaimana tidak? Beli JR-Pass itu artinya kalian bebas naik kereta muter-muter Jepang, sampai capek, sampe bosen, mau yang kereta dalam kota, antar kota, kereta dari bandara, sampai shinkansen pun bisa! Selama pakai JR Line ya. Jadi perusahaan kereta di Jepang ada banyak, tapi yang punya pemerintah itu JR, kalau mau naik kereta lain ya bayar. JR Line ini udah cukup mengcover tujuan-tujuan utama di Jepang, jadi gak perlu khawatir, hhe.

Tapi, yaa, dasarnya saya orangnya emang suka mencoba hal-hal baru dan berbeda-beda, akhirnya nekat juga pergi ke Jepang Tanpa JR-Pass. Terus naik apa dong? Nih, rincinya :

Transport selama di jepang
Transportasi
Cost
Pesawat Osaka-Tokyo¥5,140
WillerExpress Tokyo-Kyoto ¥5,424
Kansai 1Day Pass ¥2,200
Tokyo Wide Pass (Valid for 3 Days)¥10,000
Kyoto Buss Pass 1D (2x) (@ Y500)¥1,000
ICOCA Card (Kansai Area)¥4,000
Haruka Pass (shin-osaka ke bandara)¥1,300
Tiket dari akihabara ke skytree ¥670
PP Bus di Kawaguchi station ke Ropeway¥500
Total¥30,234

Well, sebenernya jatohnya hampir-hampir sama juga sih dengan JR-Pass yang harganya juga mulai 30.000an Yen. Tapi, itu cuma berlaku selama 7 hari, sedangkan kami disana 9 hari. Dan lagi pula, saya juga mau ngerasain berbagai moda transportasi di negeri sakura itu. Mulai dari kereta biasa, kereta cepat (Shinkansen), bus, subway, semuanya XD Yang engga cuma taksi, karena supirnya gabisa bahasa Inggris dan kami ga bisa bahasa Jepang XD 

Kereta

  • JR Pass

Well, ini dia tipe yang paling sering dibeli oleh traveler yang berkunjung ke Jepang. Keliatannya mahal, tapi worth it. Karena dengan JR (Japan Rail) Pass ini saja, kita udah bisa menggunakan beberapa transportasi di Jepang milik JR, diantaranya kereta, bus dan feri. Detailnya seperti pada gambar dibawah, tapi emang utamanya kereta. Dengan JR Pass ini kita udah bisa bepergian kemana aja di Jepang yang tercover dalam JR Loop, jadi hanya bisa pakai kereta JR yaa, but no prob. JR Line ini udah mencakup banyak sekali tempat di Jepang, stasiunnya juga sangat banyak, pusat-pusat wisata juga bisa banget dijangkau dengan JR Pass ini, termasuk menggunakan kereta Shinkansen. Untuk lebih jelasnya bisa baca disini https://his-travel.co.id/jrpass  Penggunaanya juga mudah, cukup ditunjukkan saja sama petugas di stasiun / kereta. Nggak perlu repot dan bolak balik beli tiket kereta, menghemat waktu, simple, dan gak ruwet cari2 tiket kereta.. Ditotal juga bisa saja lebih hemat daripada beli tiket-tiket ini tanpa pass. 



Nah, ini penggunaan Japan Rail Pass


Dimana membeli JR Pass? Kalau disini, referensi paling banyak dan trusted ya 
     https://his-travel.co.id/jrpass

Cara menggunakan JR Pass : Cukup ditunjukkan pada petugas di stasiun/kereta.

  • Icoca Card + Haruka

ICOCA adalah kartu elektronik yang dapat digunakan di area kansai, seperti Osaka, Kyoto, Nara, Kobe. Sedangkan haruka adalah kereta untuk transport ke Bandara.Kartu Icoca dan Haruka adalah paket diskon, hanya bisa di beli di bandara kansai. Haruka bisa digunakan untuk perjalanan dari dan ke Bandara Kansai.  Masa berlakunya 14 hari, jadi saat tiba tanggal 4 April saya membeli icoca+haruka, dan saya dapat meminta petugas untuk set tanggal haruka dari Shin-Osaka ke bandara kansai tanggl 13 April.



Dimana membeli ICOCA? Saya beli di Bandara Kansai. seharga 2200. 
Cara menggunakan ICOCA ? Cukup di tap saja seperti biasa

  • Tokyo Wide Pass

Tokyo Wide Pass ini merupaan pass yang bisa digunakan untuk naik kereta JR East Line dan bisa juga naik Shinkansen JR East Line itu. Yang saya beli berlaku selama 3 hari, harganya 10.000 Yen dan hanya bisa di beli di Jepang, jadi sesampainya di Narita, saya langsung menuju counter ticket JR dan membeli Tokyo Wide Pass. Area yang dicakup kurang lebih seperti peta dibawah ini:



Salah satu tujuan utama kami selama di Tokyo adalah ke Gala Yuzawa, mau main salju XD Kami baru tau ada tujuan ini ketika kami ke Japan Travel Fair, disitu ada stand Tokyo dan mengenalkan beberapa wisata. Sekalian menawarkan Tokyo Wide Pass itu tadi. Jadi ada 2 destinasi yang bisa didatangi dengan Shinkansen dengan menggunakan Tokyo Wide Pass ini, yaitu Gala Yuzawa Snow Resport dan Edo Wonderlad. Nah, kami lebih tertarik ke Gala Yuzawa, apalagi dengan adanya diskon seperti dibawah ini, hehe. Dari Tokyo ke Gala Yuzawa cukup 60 menit saja naik Shinkansen! Ntaps!


Dimana membeli Tokyo Wide Pass? Hanya bisa dibeli di Jepang. Kalau saya, begitu sampai bandara Narita, langsung beli Tokyo Wide Pass ini, ada counter tiket JR di bandara.
Cara menggunakan Tokyo Wide Pass? Pertama tentu saja pastikan kereta yang kamu naiki adalah JR Line. Selanjutnya saat mau masuk tinggal tunjukkan kepada petugas saja JR Wide Pass kita.

  • Kansai Thru Pass

Saya datang ke Japan Travel fair di bulan maret , dan akhirnya membeli Kansai Pass ini. Harganya kalau tidak salah ingat sekitar 2200Yen. Ini berlaku untuk naik kereta di area Kansai, include dari/ke Bandara. Bisa di set juga untuk kembali ke Bandara itu tanggal berapa. Worth it untuk keliling seharian, udah include transport bandara pula.


Dimana membeli Kansai Thru Pass? Saya beli di Jakarta, pada saat Japan Travel fair di His Travel, jadi bisa langsung beli juga di HIS Travel. https://his-travel.co.id/
Cara menggunakan Kansai  Thru Pass? Masukkan di mesin tiket seperti biasa. 

  • Subway

Nah , selama di Jepang kadang saya juga pakai subway untuk ke lokasi yang ingin saya tuju. Caranya tinggal beli aja di mesin tiket seperti kita beli tiket KRL. Kadang tinggal pilih stasiun tujuan saja. Tapi, kadang ada yang pilih harga, jadi kita harus baca dulu peta loopnya, di setiap tujuan ada harganya. Misal ke Asakusa tertulis 150, jadi saat akan beli tiket tinggal pilih yang 150Yen. 
Oiya, sedikit cerita aja, jadi pernah saya salah beli tiket subway, salah pilih jalur. Akhirnya kami bertanya ke petugas, mana jalur yang benar. Petugas disana menunjukkan jalur yang benar, dan ternyata serta mengembalikan uang tiket yang telah kami beli. Jadi, tiket yang salah itu dicancel dan uangnya kembali. Lumayaan, buat beli onigiri XD

Dimana membeli tiket subway? Dimana stasiun, counter pembelian tiket
Cara menggunakan Subway ? Seperti biasa, masukkan tiket ke mesin tiket.



Bus

  • Overnight Bus by WillerExpress

Hmm, ini salah satu yang kami pilih, setelah naik pesawat ke Tokyo, yang sekitar 600rb an, pulangnya kami mau mencoba overnight bus dari Tokyo ke Kyoto, kebetulan ada yang jamnya cocok, rutenya juga cocok, langsung ke Kyoto Sta. Selain itu, hemat biaya juga sih, hehe. Selain lebih murah dari pesawat, tentu saja, menghemat biaya penginapan. Saya naik dari Kajibashi Parking Lot, disana tinggal konfirmasi ke petugas lalu diarahkan ke bus yang akan kita naiki. Hm, ternyata bisnya sangat nyaman. Kusinya seperi yang ada di foto, udah kaya stroller XD Bisa di adjust, ada tudugnya, buat pijakan kaki juga ada 2 buat kaki sama buat pijakan betis. Kursi juga empuk, jadi super nyaman sih kalau buat saya. Di depan, ada tirai yang memisahkan penumpang dengan supir. Kanan kiri tirai jendela cukup tebal. Bener-bener dah, ngga kerasa perjalanan semalam di bus, kayak gak naik bus. Gak kebangun2 emang kayaknya di desain super nyaman, hhaha. Gak tau deh, atau mungkin saya aja yang kecapean, jadi tidurnya betaaaah bat daaaah!



Dimana membeli WillerExpress? Bisa online, WillerExpress
Bagaimana cara menggunakan WillerExpress ? Datang ke pool bis sesuai dengan tiket yang dipesan, konfirmasi ke petugas. Nanti akan diarahkan ke bus tujuan kita :D


  • Kyoto Bus


Dimana membeli One-Day-Bus Pass? Sesampainya di Stasiun Kyoto, langsung cari pool bis. Disana ada loket penjualan tiket, bilang saja apa yang ingin dibeli.
Bagaimana cara menggunakan One day pass? Kita akan mendapatkan semacam tiket one-day-pass. Pada penggunaan pertama, kita masukkan ke mesin tiket. Nanti saat keluar dari mesin akan tercetak tanggal pemakaian, itu dah , bs dipakai seharian pada tanggal tersebut, dengan catatan yang flat fare.


  • Pesawat 

Osaka-Tokyo by Peach AirLines

Hmm, ini adalah opsi yang kami pilih ketika akan pergi ke Tokyo dari Osaka. Karena kami tidak beli JR Pass dan yg kami beli itu cover areanya hanya sebatas Kansai atau Kanto saja, jadi untuk pergi dari Osaka ke Tokyo, kami ada 2 pilihan : bus atau pesawat (kalo Shinkansen tanpa JR kan pasti mahal). Nah, maka yang kami pilih adalah pesawat, karena lebih hemat waktu dan kebetulan saat itu harganya juga lumayan murah, lebih murah dari Shinkansen XD Tiket pesawat per orang kami dapat seharga lima ribuan yen saja.
Kami cari penerbangan Osaka - Tokyo di https://www.skyscanner.net/ dan maskapai yang kami gunakan adalah Peach. 

Peach Airlines
Nah, dari namanya aja udah kebayang kan penampakan pesawatnya. Proses checkin disana sangat mudah, dan penerbangan sangat tepat waktu. Pramugarinya ramah-ramah. Perjalanan dari Osaka ke Tokyo di tempuh selama kurang lebih 1 jam 25 menit. Ngga kerasa lah ya, tapi dengan ini setidaknya udah pernah nyoba naik pesawat di Jepang XD

Pramugari Peach
Dimana membeli tiket penerbangan? 
saya cek https://www.skyscanner.net/ pilih penerbangan yang sesuai, nanti akan diredirect ke site untuk pembelian tiket.



Sewa Sepeda di Kyoto


Selama di Jepang sih saya tidak sempat sewa sepeda, tapi sepertinya seru. Dan kalau kata teman saya sih, worth it banget! Jadi, di kyoto itu lokasi-lokasi wisatanya itu berdekatan, ndak terlalu jauh. Saya dari Kiyomizudera ke Gion aja bisa sebenernya jalan kaki santai, orang cuma beda satu bus stop saja. Nah, kalau mau lebih enjoy sih kata temen saya bisa sewa sepeda aja. Dia sewa sepeda di hostel tempat ia menginap. Nah, penginapan di hostel ini juga menurut teman saya juga recomended, receptionist berbahasa inggris dan juga ramah, dia memberitahukan semua info yang kita butuhkan. Selain itu tentu saja bonus bisa kenal orang-orang baru dari seluruh dunia yang lagi backpackeran ke Jepang. Kalau teman saya ngobrol mungkin cepet nyambung ya, secara dia dari Bali dan udah terkenal banget diantara pelancong mancanegara, nah kalo saya bilang dari Sragen, jelasinnya kudu A sampai Z, wkwk. Anw, ini seru and only cost you around 1000 Yen per Day!

Dimana Sewa Sepeda? Biasanya di beberapa penginapan ada  yang menyewakan sepeda. Sekitar 1000-1500/harinya. Kalau tidak ada, bisa juga minta bantuan pemilik penginapan untuk dicarikan. Di penginapan saya yang di tokyo tidak menyediakan, tapi bisa bantuin kalau mau sewa sepeda.



DECIDE WHAT TO BUY?


Nah, setelah tahu serba-serbi tentang transportasi di Jepang, lalu saatnya mutusin, mau beli JR-Pass apa enggak. Hmm, ini tergantung masing-masing ya, saya gabisa menyarankan. Tapi beberapa hal yang perlu dipertimbangkan antara lain:

  1. Tujuan Wisata
    Yang pertama tentu saja, tentukan kota mana saja yang ingin kamu kunjungi. Kalau lumayan banyak kota mending beli. Kalau saya berani untuk tidak pakai JR Pass karena memang hanya di Tokyo, Osaka dan Kyoto. Nah, setelah buat itinerary, kamu sudah tau tujuan utama kamu bakal kemana aja, nah tinggal liat aja, apakah sebagian besar tujuan utama kamu sudah tercover dengan JR Pass tersebut? Kalau iya, tidak ada salahnya beli JR Pass yang akan sangat memudahkan kamu selama menggunakan transportasi di Jepang.
  2. Berapa Lama di Jepang
    JR pass kan ada paket 7 hari , 14 hari dst. Kalau disana 7 hari aja, saya rasa woth it kalau beli JR Pass, tapi kalo jumlah  harinya nanggung, 10 hari kayak saya misalnya, JR Pass 3jt, tiket krecengan 3 hari mahal juga. Mau beli yg 14 sayang juga uangnya, hha. Mending beli printilan tiketnya 
  3. Mau coba transportasi lain ga?
    Ini salah satu pertimbangan utama saya, dasarnya anaknya agak pecicilan ya. Jadi emang dari awal saya mau mencoba semua jenis transportasi di Jepang. Shinkansen? So Pasti! Tapi juga ingin naik Pesawat disana XD Naik bis malam yang katanya super nyaman, beda sama SK lah ya, dan berbagai macam kereta yang ga cuma JR, hhe. Alhamdulillah bisa!
  4. Perhitungan biaya
    Sebenarnya kalau pakai JR udah include semuanya yah. Tapi masih belum termasuk subway, kalau tujuan kamu kesana perlu  naik subway, berarti kan perlu ada tiket tambahan krecengan yang dibeli , berarti nambah biaya lagi ya. Tapi ya ga banyak sih , karena sekali perjalanan muai dari 100an yen, kadang 120, kadang 150,190, 250 dst. Tergantung keretanya, tergantung tujuan perjalanannya.'
    Kalau kasus saya sendiri, JR Pass 7 hari sekitar 3jt an, sedangkan total saya perjalanan selama 9 hari , udah termasuk semua moda, termasuk tiket2 subway, sama juga, 3jutaan tapi 9 hari. Jadi saya rasa, lebih murah kalau beli sendiri aja tanpa JR. Tapi ya harus pinter2 liat peta, paham rute *untung teman saya jago banget dan udah sangat sangat mendetailkan perjalanan kami, mulai dari nama stasiun, jenis kereta, line kereta, waktu berangkat sampai dengan harga. Well, salut pokoknya buat temen saya satu ini. Dan saya rasa perjalanan jadi lebih seru karena mencoba berbagai macam transportasi XD
    Tapi sekali lagi, untuk lebih mudahnya sih beli JR Pass aja, hehe.

You Might Also Like

0 comments

mari meninggalkan jejak :)

Instagram

Subscribe